KIR MA NU 01 Banyuputih Kunjungan Ilmiah ke Perpustakaan Daerah dan Galangan Kapal Batang

KIR MA NU 01 Banyuputih Kunjungan Ilmiah ke Perpustakaan Daerah dan Galangan Kapal Batang

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih mengadakan kunjungan ilmiah ke Perpustakaan Daerah dan Galangan Kapal di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Kamis (29/11/2023). Kegiatan ini melibatkan 13 anggota KIR, 4 calon anggota KIR, dan didampingi oleh 2 guru, salah satunya Inayatun Nisa sebagai pembina KIR MA NU 01 Banyuputih.

Rombongan berangkat dari MA NU 01 Banyuputih sekitar pukul 09.58 dan tiba di Perpustakaan Kabupaten Batang sekitar jam 10.38. Lokasi perpustakaan terletak di Jl. Dr. Wachudin No.54, Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51215. Perpustakaan ini telah berdiri sejak tahun 1998 dan menjadi destinasi populer bagi masyarakat Kabupaten Batang.

Para anggota KIR disambut baik oleh petugas perpustakaan dan diberikan informasi tentang profil perpustakaan. Salah satu petugas perpustakaan, menjelaskan, “Perpustakaan Batang juga memiliki aplikasi membaca bernama e-Perpus Batang yang dapat diunduh melalui Play Store,” jelas Ibu Rizki sapaan akrabnya. Anggota KIR dengan antusias mengunduh aplikasi tersebut untuk membaca secara online, menemukan beragam buku menarik yang tersedia di perpustakaan.

Sekitar pukul 13.58, rombongan melanjutkan perjalanan ke Galangan Kapal yang terletak di Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Galangan kapal merupakan tempat khusus untuk pembuatan dan perbaikan kapal. “Pembuatan kapal memakan waktu sekitar 8-10 bulan, dan baru bisa digunakan setelah satu setengah tahun. Kayu yang digunakan untuk pembuatan kapal antara lain kayu bengkere, merbau, dan kamper. Harga kapal bervariasi, sekitar 7 juta jika belum pakai mesin, dan 20 juta jika lengkap dengan mesin. Kapal ini banyak dipesan oleh pelanggan dari Pekalongan dan Bali,” ujar Waryoto salah satu pekerja di galangan kapal. Kegiatan berakhir pada pukul 15.29.

Pewarta : Syafiratul Amelia

Share this.
Scroll to Top