PIMPINAN KOMISARIAT
IPNU IPPNU MA NU 01 BANYUPUTIH

Pimpinan Komisariat menjadi istilah bagi kader-kader IPNU-IPPNU di  lingkungan sekolah, madrasah, perguruan tinggi ataupun pondok pesantren. Pimpinan Komisariat di IPNU IPPNU berada selevel dengan Pimpinan Ranting yaitu wadah bagi kader-kader IPNU IPPNU di Desa. Urutanya dari paling atas adalah pimpinan Pusat (Tingkat Nasional), Pimpinan Wilayah (Tingkat Provinsi), Pimpinan Cabang (Tingkat Kabupaten), Pimpinan Anak Cabang (Tingkat Kecamatan), terakir adalah Pimpinan Ranting atau Komisariat (Tingkat Desa/Sekolah/Pondok Pesantren/ Perguruan Tinggi).

Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU MA NU 01 Banyuputih telah ada bersamaan dengan madrasah tersebut didirikan, karna madrasah tersebut dibawah naungan Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’. Lebih diperkuat lagi ketika Lembaga Pendidikan Maarif NU pada sekitar tahun 2013 mengintruksikan kepada semua sekolah yang berada di naungan LP Ma’arif NU diwajibkan untuk didirikan Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU. Pada saat itu pula IPNU IPPNU memiliki kepengurusan secara resmi di MA NU 01 Banyuputih yang sebelumnya mendompleng di kepengurusan OSIS. Pada tahun 2014 kepengurusan IPNU IPPNU mulai di tata dan diberi anggaran keuangan dari madrasah, sehingga mulai tahun tersebut PK IPNU IPPNU MA NU 01 Banyuputih sudah bisa melaksanakan kegiatan secara mandiri, mulai dari Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) sampai kegiatan kegiatan lain yang sesuai dengan ranah IPNU IPPNU. Sebelum tahun 2014 Makesta belum bisa dilaksanakan secara mandiri sehingga harus mengirimkan delegasi ke PAC ketika melaksanakan Makesta, tetapi sekarang alhamdulillah Makesta sudah menjadi program wajib bagi pserta didik yang baru masuk di MA NU 01 Banyuputih dan program tesebut berjalan sampai saat ini dan mudah-mudahan sampai kiamat nanti.

Selain Makesta, IPNU IPPNU Pimpinan Komisariat MA NU 01 Banyuputih juga memiliki banyak kegiatan untuk menambah pengetahuan dalam hal kepemimpinan, keorganisasian, manajemen, wawasan kebangsaan, dengan harapan kelak akan menjadikan putra putri bangsa yang unggul dan siap menjawab tantangan zaman. Kegiatan-kegiatan itu antara lain Lakmud (Latihan Kader Muda), Lakut (Latihan Kader Lanjut), Latpel, Diklatama CBP-KPP (Corp Brigade Pembangunan-Korp Pelajar Putri), Diklatmad CBP-KPP, Diklatnas CBP-KPP, Diklatsar CBP-KPP, Diklat Jurnalistik.

Share this.
Scroll to Top