Secara singkat Peminatan IPS di Madrasah Aliyah adalah sebuah wadah bagi mereka yang tertarik dan ingin mempelajari tentang hubungan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan lingkungannya, serta berbagai aspek sosial lainnya melalui berbagai mata pelajarannya, yaitu Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Di Program Peminatan IPS, peserta didik akan memiliki kecakapan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, karena banyak orang yang mengatakan bahwa anak-anak IPS itu cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Lulusan dari Peminatan IPS yaitu menghasilkan lulusan yang berkarakter, tangguh dan mampu beradaptasi dengan mudah memiliki jiwa sosial tinggi. Sehingga lulusan IPS memiliki prospek karier yang menjanjikan. Lulusan Peminatan IPS dalam melanjutkan kuliah akan lebih leluasa dalam memilih fakultas yang diinginkan daripada jurusan yang lain. Rekomendasi untuk lulusan IPS yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial. Selain itu Lulusan dari IPS juga bisa langsung menjadi wirausaha, atau bekerja di kantor kantor bidang keuangan seperti koperasi, lembaga simpan pinjam dan industri.

Share this.
Scroll to Top