Program Peminatan MIPA merupakan salah satu program peminatan yang ada di MA NU 01 Banyuputih. Selain kelas formal yang ada di jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), ada juga beberapa kegiatan yang menunjang akademik maupun non akademik. Beberapa program kerja di Program Peminatan MIPA juga menghasilkan produk yang beorientasi pada sainterpreunership.

Program pada Peminatan MIPA meliputi, karya ilmiah, produk ilmiah, kepelatihan olimpiade, dan olimpiade sains untuk SMP dan MTs. Program kerja yang paling ditunggu dan diminati oleh siswa yaitu program kerja produk ilmiah dimana siswa diajari membuat olahan produk dari materi-materi sains terapan seperti pupuk cair, herbal medicine, produk fermentasi, pembibitan dengan sistem jaring ataupun sistem kultur jaringan, hidroponik, Hidrogel, terarium dan lainnya.

Sebagian dari produk yang dibuat siswa merupakan produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis, produk tersebut akan dipasarkan oleh siswa di luar jam sekolah. Lalu apakah kegiatan ini akan memberatkan siswa? Tentu saja jawabannya tidak, karena kegiatan produk ilmiah ini dilakukan di luar jam KBM dan sebelum produk jadi, sudah menerima beberapa pre order.

Share this.
Scroll to Top