Ekstrakurikuler Pramuka MA NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang terus melancarkan latihan rutin demi meningkatkan kualitas para anggotanya melalui wadah Dewan Ambalan Hasyim Asy’ari-Rasuna Said (Damhasyid) gugus depan 13.067-13.068. Sebanyak dua puluh dua calon penegak Bantara mengikuti latihan Pramuka pada Jumat (18/11/2022) di halaman madrasah.

Kegiatan latihan rutin yang diselenggarakan oleh pengurus Damhasyid kali ini mengangkat materi Pionering. Dengan didukung oleh pembina dan pihak madrasah, fasilitas perlengkapan latihan, yaitu bambu dan tali dapat terpenuhi. Pemateri latihan ini merupakan dari kakak tingkat, yang sudah mampu dalam bidang Pionering.

Sebelumnya, pada (5-6/11/2022) Pramuka MA NU 01 Banyuputih telah meraih juara 2 lomba Pionering dengan tema “Jembatan” yang dilakukan oleh Ahda Fatan Zidni, Bima Al Farizi, Adkhan Zahriyan dan Anggita Intan Aulia Putri dengan pelatih Izuddin alumni Racana UIN Walisongo Semarang. Dengan pengalaman prestasi tersebut kemudian Ahda bersama timnya menyalurkan ilmu kepada calon penegak Bantara dalam latihan rutin.

Pada kesempatan itu selain teori, peserta latihan juga melakukan praktik membuat Pionering menara kaki tiga. Ahda bersama timnya membagi peserta latihan menjadi dalam empat kelompok. Setelah diberikan teorinya, masing-masing kelompok melaksanakan membuat Pionering menara kaki tiga.

Menurut Ahda, membuat Pionering menara kaki tiga merupakan praktik yang paling dasar dalam membuat Pionering. Makanya dalam latihan ini, peserta dibekali dari yang mudah dulu. Harapan kedepannya nanti bisa lanjut hingga membuat Pionering dengan tema yang lebih menantang lagi.

Pewarta : Muhammad Asrofi

Share this.

Leave a Comment

Scroll to Top