Pramuka Dewan Ambalan Hasyim Asy’ari Rasuna Said (Damhasyid) gugus depan 13.067-13.068 Madrasah Aliyah Nahlatul Ulama 01 Banyuputih mengadakan Latihan Gabungan (Latgab) bersama Dewan Ambalan Cakra Buana Kartika SMA N 1 Bawang pada Sabtu (19/11/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan di SMA N 1 Bawang dengan diikuti 38 anggota dari Damhasyid dan 76 anggota dari Dewan Ambalan Cakra Buana Kartika. Menurut Hisyam Naufan Maulana selaku pradana putra Damhasyid, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merealisasikan program kerja dewan ambalan. Pada awalnya beberapa pengurus Damhasyid menjalin komunikasi dengan Ambalan Cakra Buana Kartika. Setelah mendapatkan persetujuan dari pembina kemudian kedua belah pihak dewan ambalan mengadakan rapat dan membentuk kepanitiaan bersama untuk menyelenggarakan latihan gabungan. Selain itu dengan adanya latihan gabungan dapat menambah dan meningkatkan wawasan, pengalaman serta pengetahuan.

“Tetap jaga nama baik MA NU 01 Banyuputih dan jaga kesehatan kalian,” pesan Pembina putri Maghfirotul Hardikaningrum, S.Pd saat apel pemberangkatan sebelum menuju lokasi latgab.

Pada acara tersebut, peserta latgab mengasah kemampuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Sandi Semaphore. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Meskipun singkat harapannya tidak puas, sedikit sekali yang hari ini kita pelajari. Oleh karena silaturahmi tetep kita jaga, kalau banyak teman banyak rezeki. Karena banyak kerja samanya. Bisa menjadi pimpinan karena banyak temannya,” ungkap Yanto Pembina Pramuka Dewan Ambalan Cakra Buana Kartika.

Menurut Ayuk Wiji Safitiri salah satu peserta latgab mengungkapkan latihan gabungan ini sangat bagus karena bisa mengenal lebih dalam lagi tentang Pramuka antar Ambalan, atau tentang seputar Pramuka yang belum saya ketahui. Latihan gabungan ini juga bisa menambah teman yang sebelumnya belum pernah ketemu.

“Kesan saya setelah latihan gabungan ini yang pertama yaitu mendapatkan teman baru juga ilmu yang bermanfaat, selain itu bisa menjalin silaturahmi antar gugus depan antara MA NU 01 Banyuputih dan SMA N 1 Bawang, acaranya juga asik menurut saya tidak terlalu boring,” ungkap Ayuk.

“Harapan kedepanya untuk peserta latihan gabungan bisa di tambah lagi kalau tahun ini hanya 2 sekolah, tahun-tahun berikutnya mungkin bisa 3 atau 4 sekolah, dan kegiatannya bisa di kembangkan atau di inovasikan lagi,” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Asrofi

Share this.

Leave a Comment

Scroll to Top