Sebanyak 53 siswa dan siswi Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih Kabupaten Batang dari berbagai program peminatan menerima beasiswa prestasi dari kepala madrasah. Penyerahan beasiswa kepada para penerima diawali motivasi dari wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang kurikulum dan kepala madrasah yang berlangsung di Auditorium MA NU 01 Banyuputih, Sabtu (5/2) Siang.

Penyerahan beasiswa prestasi berupa uang dan piagam penghargaan yang diberikan kepada siswa dan siswi MA NU 01 Banyuputih yang meraih prestasi akademik maupun non akademik.

Akhmad Hasan wakil kepala bidang kurikulum dalam sambutanya melaporkan bahwa di tahun 2021, MA NU 01 Banyuputih sudah mengikuti 500 kompetisi dengan memperoleh berbagai medali, dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Siswi yang mendapatkan medali terbanyak yaitu Amalia Sholekhah kelas. Ia mendapat 15 medali emas, 15 perak, 11 perunggu. Total yang Amalia dapat 41 medali.“Terhitung sampai Desember 2021 kita sudah mendapatkan 500 kejuaraan dengan berbagai medali dan dengan berbagai tingkat kabupaten, provinsi, nasional sampai internasional. Namun dari sekian banyak kejuaraan belum ada rilis dari DPDM (Data Peserta Didik Madrasah) Jawa Tengah. Kalau sudah ada rilis pasti akan segera kita informasikan. Harapannya ditahun-tahun atau dibulan berikutnya kita bisa berkembang dibidang-bidang yang lain,” kata Hasan.

Kepala MA NU 01 Banyuputih, Mukhsin mengatakan berkat bimbingan bapak dan ibu guru, kalian bisa meraih prestasi. Menurutnya mendapatkan prestasi itu adalah bagian nikmat dari Allah. Karena semua orang tidak bisa seperti kalian yang dapat meraih prestasi.“Insyaallah ketika terus bersyukur prestasi – prestasi itu akan selalu meningkat,” pesannya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang berjumlah 53 orang ini, baik yang meraih prestasi akademik maupun prestasi yang non akademik dari semua jenjang dan semua tingkatan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih karena atas prestasi yang kalian ukir telah membawa harum nama MA NU 01 Banyuputih,” kata Mukhsin.Hadir pula pada acara penyerahan beasiswa, Achmad Mashfufi selaku guru BK (Bimbingan Konseling). Ia mengucapkan selamat kepada siswa dan siswi yang sudah meraih prestasi. Ia juga mengingatkan kepada peserta didiknya bahwa tugas guru BK adalah ikut membimbing siswa dan siswi yang berprestasi.

“Fungsi BK tidak hanya menangani siswa dan siswi yang melanggar aturan madrasah, namun berkaitan dengan bimbingan motivasi belajar dan karir,” jelasnya.Mashfufi berharap siswa dan siswi yang berprestasi ini dapat mensukseskan program kapromin, serta menjadi contoh yang bagi siswa dan siswi yang lain.

“Harapannya tidak hanya prestasi saja, tapi harus dibekali budi pekerti. Kalau prestasinya bagus, namun budi pekertinya kurang, juga kurang baik. Jadi harus seimbang,” pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Asrofi

Share this.
Scroll to Top
Scroll to Top