ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

OSIS didefinisikan sebagai satu satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah, dimana setiap sekolah memiliki kewajiban untuk membentuk OSIS masing masing. OSIS di suatu sekolah tidak harus  memiliki hubungan secara organisasi dengan OSIS di sekolah lain atau organisasi eksternal lain di luar sekolah.

Di awal pembentukannya, OSIS memiliki tujuan sebagai sarana pemerintah untuk membina para siswa agar menjadi penerus perjuangan bangsa. OSIS merupakan salah satu cara  pembinaan  siswa  yang  digelar  secara  nasional, sebagai :

  • Organisasi Kesiswaan
  • Lahan Kepemimpinan
  • Kegiatan Ekstrakulikuler
  • Kegiatan Wawasan Wiyatamandala

FAKTA OSIS  MA NU 01 BANYUPUTIH :

  1. Organisasi pertama dan terbesar yang berada di MA NU 01 Banyupuh
  2. Salah satu organisasi kesiswaan
  3. OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah
  4. Satu satunya organisasi intra yang bernanung di dalam sekolah
  5. Kegiatan terbesar OSIS :
  6. Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah
  7. OSIS Cup
  8. Class Meeting
  9. Akun Sosmed :
  10. Facebook : Osis Hebat
  11. Instagram : @osisexsis_

Sebagai organisasi kesiswaan, OSIS memiliki tujuan pokok awal sebagai berikut:

  1. Menampung  ide,  kreavitas,  pandangan,  minat  dan bakat siswa ke dalam wadah yang tidak terpengaruh efek negaf dari luar sekolah.
  2. Meningkatkan sikap, jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan diantara para siswa, sehingga siswa dapat secara aktif mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah
  3. Sebagai  sarana  komunikasi,  bertukar  gagasan  dan berpendapat yang nantinya dapat memperluas wawasan,  meningkatkan kemampuan berpikir dan melah skill pengambilan keputusan siswa.

Dapat kita lihat bahwa semangat pembangunan OSIS adalah untuk membina para siswa di tingkat SMP dan SMA agar memiliki berbagai kemampuan yang nantinya bisa menjadi bekal yang cukup untuk meneruskan tampuk kepemimpinan di negara Indonesia. Dengan adanya OSIS, diharapkan siswa bisa melakukan lebih banyak kegiatan positif di dalam sekolah dan terhindar dari pengaruh negatif yang terjadi baik saat itu maupun di zaman modern ini.

Share this.

1 thought on “OSIS”

  1. Pingback: OSIS – MA NU 01 Banyuputih

Comments are closed.

Scroll to Top