Ambalan Hasyim Asy’ari – Rasuna Ra’id
Gugus Depan 13.067
13.068
MA NU 01 BANYUPUTIH

Pramuka adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan  singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono  IX  dari  kata  “Poromuko”  yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar  Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Sejarah Ambalan di MA NU 01 Banyuputih pertama kali didirikan pada tahun 1987 dengan nama Hasyim Asy’ari – Rasuna Sa’id. Pelantikan anggota Ambalan pertamakali dilaksanakan pada tahun 1987 di Desa Surjo, Kecamatan Bawang. Pelantikan itu dilaksanakan dalam acara Perkemahan Peneriman Tamu Ambalan (PPTA) yang pertama yang saat itu di panitiai oleh DKR Kecamatan Limpung. Pradana pertama Ambalan ini adalah Kak Nur Shidiq dan Kak Siti Khotini.

Pada mulanya, Ambalan Hasyim Asy’ari – Rasuna Sa’id Gugus Depan 08.879 – 08.880 merupakan Ambalan milik MA NU Limpung yang saat itu memiliki dua kampus, yakni di Limpung dan di Banyuputih. Karena pemekaran wilayah, maka pada tahun 2012 Ambalan di MA NU 01 Limpung dan di MA NU 01 Banyuputih menjadi terpisah. Ambalan Hasyim Asy’ari – Rasuna Sa’id merupakan Ambalan di MA NU 01 Banyuputih dengan Nomor Gudep 15.067 – 15.068, sedangkan  MA NU  01  Limpung  memiliki Ambalan sendiri yakni Ambalan Wahab Hasbullah dan Fatimah Binti Maemun dengan Nomor Gudep 08.093 – 08.094. Dan  sejak  tahun  2018  Gugus  Depan  MA NU  01 Banyuputih dirubah menjadi 13.067 – 13.068.

Fakta Pramuka di MA NU 01 Banyuputih

  • Akun Sosial Media :
    Facebook : Ambalan Hasyim Asy’ari – Rasuna Sa’id Gudep MA NU  01 Banyuputih
    Instagram = @damhasyid
  • Event yang pernah diikuti :
  • RAIMUNA
  • Perkemahan Bhakti Husada
  • Perkemahan Wirakarya Ma’arif Nasional
  • Lomba PBB tingkat Karsidenan
Share this.
Scroll to Top