KELOMPOK ILMIAH   REMAJA  (KIR)

Kelompok  ilmiah  remaja  (KIR)  adalah  kelompok remaja   yang   melakukan   serangkaian   kegiatan   yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir menurut kaidah penalaran yang  logis,  sistematis,  rasional  dan  ada  koherensi antar bagian-bagiannya. KIR sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler di tingkatan SLTP, SMU, SMK, Madrasah bahkan Pondok Pesantren.

KIR mengadakan kunjungan ke Cagar Budaya Prasasti Sojomerto – Reban

KIR merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi. KIR atau youth science club (YCU), awalnya dibentuk untuk remaja berusia sekitar 12-18 tahun oleh UNESCO pada tahun 1963, tetapi pada tahun 1970 batasan umur tersebut diubah menjadi 12-21 tahun. Di Indonesia YTC ini dikenal dengan KIR yang awalnya dibentuk dengan nama Remaja Yudha Club (RYC). Selanjutnya setelah difasilitasi oleh LIPI dan mengalami berbagai perkembangan RYC merubah menjadi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Tujuan yang harus dicapai oleh anggota KIR secara individual adalah pengembangan sikap ilmiah, kejujuran dalam mecahkan gejala alam yang ditemui dengan kepekaan yang tinggi dengan metode yang sistimatis, obyektif, rasional dan berprosedur. KIR sebagai organisasi sangat memberikan manfaat bagi orang-orang yang terkait. Beberapa manfaat yang didapatkan dari kegiatan KIR diantaranya (1) membangkitkan rasa ingin tahu terhadap fenomena alam yang berhubungan dengan iptek, (2) meningkatkan daya nalar terhadap fenomena alam, (3) meningkatkan minat baca terhadap iptek, (4) memperluas wawasan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat dan presentasi ilmiah, (5) mengenal cara-cara berorganisasi, dan (6) sebagai wahana untuk menempa kematangan sikap dan kepribadian;

Fakta KIR MA NU 01 Banyuputih :

  1. Berdiri pada tanggal 14 Oktober 2017
  2. Pembina KIR Pertama : Achmad Mashfufi, M.Pd
  3. Ketua KIR Pertama : Putry Riski Khasanah
  4. Akun Sosial Media :
    Facebook = kir manu banyuputih
    Instagram = kir_manu01byp
    E-mail = kir.manu01byp@gmail.com
  • Event yang pernah diikuti :
    Lomba Karya Ilmiah Cagar Budaya, Lomba Cerpen Pidato Isu Kependudukan, Olimpiade Geografi, Kompetisi Sains Madrasah, Lomba Jurnalis, dll.
KIR mengikuti lomba
Share this.
Scroll to Top