Dalam rangka untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur, peserta didik MA NU 01 Banyuputih melakukan aktivitas pembelajaran di luar kelas yaitu dengan mengadakan program Buka Lapak pada Kamis (10/11) pagi. Kegiatan yang diikuti oleh Program Peminatan (Promin) IPA, Bahasa, dan Agama ini diinisiasi oleh Promin IPS.

Ketua Promin IPS Achmad Mashfufi, M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan Buka Lapak dilaksanakan oleh semua Pogram Peminatan. Meskipun program ini merupakan kegiatan tahunan dari Promin IPS. Tujuan diadakannya Buka Lapak yang pertama adalah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa MA NU 01 Banyuputih. Yang kedua, memunculkan kemandirian dan kecakapan dalam hal marketing atau pemasaran produk. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan seluruh ketua Promin bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2022.

“Yang menginisiasi kegiatan ini adalah Promin IPS. Untuk tahun kemarin hanya promin IPS yang adakan event itu. Tapi tahun ini, event itu saya rangkul kepada Promin yang lain. Saya melibatkan Promin IPA, Bahasa, dan promin Agama,” ucapnya.

Bentuk kegiatan Buka Lapak semua Program Peminatan adalah siswa masing-masing promin mendirikan stand. Setiap stand dilombakan. Kemudian, teknik pelaksanaan dari kegiatan tersebut adalah Kapromin IPS, selaku penyelenggara memberi modal sebesar Rp. 400.000,00 kepada enam stand tersebut dengan ketentuan mereka wajib mengembalikan Rp.150.000,00.

Adapun kriteria penilaian lomba dari masing-masing stand meliputi kreativitas, kekompakan, marketing, media yang digunakan, dan produk yang dijual. Mayasari salah satu pelanggan mengungkapkan bahwa kegiatan ini membawa dampak positif bagi siswa-siswi MA NU 01 Banyuputih untuk berbisnis dan berharap dapat dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya.

“Kegiatan ini memudahkan siswa-siswi MA NU untuk membeli jajan di area madrasah biar tidak keluar kemana-mana. Harganya pun terjangkau, intinya murmer banget dikantong para siswa,”ungkapnya.

Atabik M Munji Umam, S.Pd salah satu guru MA NU 01 Banyuputih, sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan semoga bisa di gelar lagi pada tahun berikutnya tentu dengan persiapan yang lebih matang. “Kegiatan positif seperti kegiatan ini dipertahankaan karena mengajarkan kepada siswa tentang berwirausaha. Kami para guru sangat mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini mendapat apresiasi lebih dari para guru,” ujarnya.

Devinda Novita Sari sebagai penjaga stand dari Promin IPS mengungkapkan bahwa dibutuhkan persiapan panjang untuk menggelar stand pada kegiatan tersebut.
“Kami melakukan persiapan sudah berhari hari yang lalu dengan membentuk seperti sebuah panitia. Kita juga sering berunding membahas apa saja yang mau kita jual,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa kegiatan Buka Lapak semua Program Peminatan tersebut banyak memberi dampak positif terhadap para siswa terutama tentang dunia kewirausahaan.

“Capek tapi seru! Bazar ini juga mengajarkan tentang cara berbisnis, membuat pengalaman bagi kita sehingga menurut saya bazar ini sangat bagus buat siswa, mengajarkan tentang arti kerjasama, tentang bagaimana berbisnis, tentang bagaimana manajemen,” ujar Devinda.

Pewarta : Diana Astutik dan Nazwa Kaila Anindia

Share this.
Scroll to Top